Home » » Perkembangan Janin

Perkembangan Janin

Perkembangan Janin - Hal yang paling membahagiakan adalah ketika kita mengetahui bahwa ada sebuah janin di dalam rahim kita yang akan berkembang dari hari kehari (kehamilan). Merasa seolah menjalani kehidupan baru yang sangat menarik. Namun kadang kala kita bertanya dalam hati kecil kita, Apa saja yang terjadi di dalam rahim kita di saat mengandung? bagaimana proses pertumbuhan janin dalam tiap fase perkembanganya?


Sebagaimana kita tau proses kehamilan (gestasi) berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Usia kehamilan sendiri adalah 36 minggu, karena mulai tanggal kehamilan (tanggal bersatunya sperma dan telur). yang terjadi dua minggu setelahnya. Dalam dunia kedokteran, proses kehamilan dibagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi, masing - masing fase tersebut disebut trisemester.

1. Trisemester Pertama
  • 0-4 minggu: pada minggu awal ini, janin memiliki panjang tubuh kurang lebih 2 mm, perkembanganya juga ditandai dengan munculnya cikal bakal otak,, sumsum tulang belakang yang masih sederhana, dan tanda - tanda wajah yang akan berbentuk.
  • 4-8 minggu: ketika usia kehamilan mulai mencapai usia 6 minggu, jantung janin mulai berdetak dan semua organ tubuh lainya mulai terbentuk. muncul tulang - tulang wajah, mata, jari kaki, dan tangan.
  • 8-12 minggu: saat memasuki minggu ini, organ - organ tubuh utama janin telah terbentuk, kepalanya berukuran lebih besar daripada badanya, sehingga dapat menampung otak yang terus berkembang dengan pesat. ia jga telah memiliki dagu, hidung, dan kelopak mata yang jelas. Di dalam rahim, janin mulai diliputi ketuban dan dapat melakukan aktifitas meliputi menendang dengan lembut. Organ - organ tubuh utama janin kini telah terbentuk.
    2. Trisemster Ke- Dua
    • 12-16 minggu, Paru - paru janin mulai berkembang dan detak jantungnya dapat didengar melalui alat ultrasonografi (USG). Wajahlah mulai dapat membentuk ekspresi tertentu dan mulai tumbuh alis dan bulu mata. kini ia dapat memutar kepalanya dan membuka mulutnya. Rambutnya mulai tumbuh kasar dan berwarna.
    • 16-20 minggu, Akar - akar gigi tetap telah muncul dibelakang gigi susu. tubuhnya ditutupi rambut halus yang di sebut lanugo. Si kecil kini mulai lebih teratur dan terkoordinasi. ia bisa mengisap jempol dan bereaksi terhadap suara ibunya. ujung - ujung indra pengecap mulai berkembang dan bisa membedakan rasa manis dan pahit disamping itu, sidik jarinya mulai nampak.
    • 20-24 minggu, Pada minggu ini tubuh si kecil sudah sebanding dengan badanya. alat kelaminya mulai terbentuk, cuping hidungnyaterbuka, dan ia mulai melakukan gerakan pernafasan. Pusat - pusat tulangnya pun mulai mengeras. Selain itu, kini ia mulai memiliki waktu - waktu tertentu untuk tidur.
    3. Trisemster Ke-Tiga
    • 24-28 minggu, lemak sudah mulai menumpuk dibawak kulit, sedangkat di kulit kepalanya, rambut mulai bertumbuhan, kelopak matanya membuka, dan otaknya mulai aktif. si kecil sudah dapat mendengar baik suara dari dalam maupun dari luar, ia dapat mengenali ibunya dan detak jantungnya bertambah cepat jika ibunya berbicara. Atau boleh dikatakan bahwa pada saat ini merupakan masa - masa bagi sang janin mulai mempersiapkan diri menghadapi hari kelahiranya.
    • 28-32 minggu, walaupun gerakanya sudah mulai terbatas, karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai berkedip bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya, kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru - parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia. Si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup.
    • 32-36 minggu, Kepalanya telah berada pada rongga panggul, seolah - olah mempersiapkan kelahiranya ke dunia, ia kerap berlatih bernafas, mengisap, dan menelan. Rambut - rambut halus disekujur tubuhnya telah menghilang. Ususnya terisi mekonium yang biasanya akan dikeluarkan dua hari setelah ia lahir. Saat ini persalinan sudah amat dekat dan bisa terjadi kapan saja.
    Penantian selama 36 minggu atau kurang lebih sembilan bulan, akan terbayar dengan lahirnya seorang bayi kecil dan mungil dari rahim seorang ibu, tangisan pertama si kecil akan menghapus semua rasa sakit yang dilalui ketika hendak melahirkanya ke dunia. Silahkan baca juga tanda-tanda kehamilan.
    Judul: Perkembangan Janin; Ditulis oleh sartika dewi; Rating Blog: 5 dari 5